Dendrobium

Mengenal Keindahan Anggrek Dendrobium lasianthera – Tips Tricks

Diantara banyaknya spesies anggrek Dendrobium, salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah anggrek Dendrobium lasianthera. Anggrek ini dikenal bukan hanya atas karakternya yang indah, tapi juga bunga yang striking in appearance – menyolok. Kalau sudah mekar, warnanya sangat menggoda. Nah jika anda ingin mengoleksi beberapa jenis anggrek Dendrobium, lasianthera bisa dijadikan pilihan sempurna.

Setiap spesies Dendrobium (maupun spesies dari genus lainnya) pada dasarnya memiliki karakter tumbuh, kebutuhan hidup, serta lingkungan tumbuh yang berbeda-beda. Tak luput juga anggrek Dendrobium lasianthera.

Banyak sekali penghobi yang tidak memahami betul karakter anggrek yang dibelinya sehingga selang beberapa waktu setelah melakukan perawatan di rumah anggrek tersebut mati. Sehingga muncul anggapan bahwa merawat anggrek itu susahnya bukan main.

Dalam artikel ini kami akan mencoba menjelaskan bagaimana cara merawat anggrek Dendrobium lasianthera. Selama anda mencermati betul apa yang dibutuhkan oleh anggrek ini, maka sebenarnya tidak ada kata sulit dan bahkan anda bisa membudidayakannya (memperbanyak) dengan teknik alami setelah anggrek tersebut berkembang biak menjadi rumpun yang besar.

Terdengar cukup menyenangkan bukan?

Note:

Tips yang coba kami bagikan dalam artikel ini merupakan hasil dari pengalaman sendiri mulai dari cara perawatan, media yang bisa digunakan, syarat tumbuh lingkungan, hingga bagaimana cara membungakan anggrek Dendrobium lasianthera dengan mudah.

Bagaimana sih rupa anggrek Dendrobium lasianthera serta keindahannya? Langsung saja kita awali dengan perkenalan terlebih dahulu.

Karakter Batang dan Daun Dendrobium lasianthera

Pada tanaman dewasa batangnya bisa sangat tinggi mampu mencapai 2 -3 meter (tanaman sangat sehat dan subur) dan berbentuk ramping (tidak menggembung di tengah). Mulai dari plant remaja anggrek ini sudah memiliki batang ramping (dari pangkal batang hingga ujung) tidak seperti Dendrobium umumnya yang batang tengahnya membesar.

Tips:

Karakter batang bisa menentukan apakah tanaman sehat dan normal. Jika melihat plant remaja warna batang agak kehijauan serta daun berwana hijau mengkilat. Sebenarnya warna daun juga dapat dijadikan patokan apakah tanaman ini nantinya akan berbunga sempurna. Jika daunnya mengkilat pada umunya bunga akan mekar sempurnya dan awet.

Karakter Bunga Anggrek Dendrobium lasianthera

Dendrobium lasianthera masuk dalam section spatulata dengan ciri khas bentuk sepal dan petal twisted (keriting). Warna sepalnya kontras dengan warna petal, sehingga memunculkan khas warna yang mecolok (showy). Kebanyakan penghobi sering mengkategorikan sebagai Dendrobium keriting. Warna bunga cukup bervariasi dengan cirikhas seperti tampak pada gambar berikut ini.

Anggrek Dendrobium lasianthera fantastik

Den. lasianthera ‘fantastik’

Seperti yang kami miliki di atas terlihat jelas bentuk antelope (tanduk) yang agak ramping dengan list warna kuning yang sangat mencolok – inilah yang kami sebut sebagai variasi karakter bunga.

Ada jenis langka dari anggrek ini bernama Den. lasianthera ‘Sepik Blue’ dengan cirikhas tangkai bunga berwarna hijau kebiruan.

Tips Perawatan Anggrek Dendrobium lasianthera

Media Tanam

Kalau anda mengamati, anggrek Dendrobium lasianthera (seedling & remaja) biasa dijual dengan media sphagnum moss. Inilah yang terkadang membingungkan para pembeli ketika ingin mengganti media tanam sesampainya dirumah atau setelah plant beranjak dewasa (tumbuh lebih besar). Media sphagnum moss semakin lama semakin lapuk, jika plant dibiarkan di media tanam asalnya biasanya tidak mampu bertahan karena akar akan membusuk – apalagi jika teknik penyiraman tidak sama dengan yang diterapkan oleh orchid nursery.

Ada banyak pilihan media tanam untuk anggrek Den. lasianthera karena anggrek ini pada dasarnya adalah tanaman epifit (didup di pohon/kayu-kayu). Alternatif media tanaman diantaranya adalah:

  • Pakis
  • Arang
  • Pecahan kayu
  • Pecahan genteng / batu-bata
  • Sepet kelapa

Note (media yang sering kami pakai):

  • Campuran pakis cacah dan arang untuk ditanam di pot
  • Campuran pecahan kayu (potongan kayu) dicampur arang untuk ditanam di pot
  • Campuran pecahan genteng/batu-bata, pakis cacah dan arang untuk ditanam di pot

Syarat Lingkungan Tumbuh

Anggrek Dendrobium lasianthera beradaptasi dengan sempurna pada suhu lingkungan hangat hingga panas. Dilingkungan kami suhu lingkungan rata-rata 32-derajat celcius di musim kemarau (350 dpl). Jika daerah anda merupakan dataran rendah, maka itu adalah lingkungan yang sangat ideal untuk merawat anggrek Dendrobium secara umum.

Sinar matahari yang mampu ditoleransi hingga 90%. Artinya ia mampu tumbuh dengan baik di luar ruangan terkena sinar matahari dari pagi hingga sore hari dengan syarat melalui sistem adaptasi bertahap.

Punya pengalaman unik dalam merawat anggrek ini? Yuk, kita sharing di kolom komentar.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.