Phalaenopsis

Mengenal Anggrek Phalaenopsis amabilis var. aurea yang dikenal langka

Dulu kita sudah mengulas tentang salah satu bunga nasional Phalaenopsis amabilis yang kini sudah dikenal sebagai anggrek paling merakyat. Harganya yang murah-meriah Phal. amabilis banyak dijadikan sebagai komoditi bunga hias dan koleksi pribadi.

Salah satu varietas yang masih jarang ditemui dari spesies satu ini adalah Phal. amabilis var. aurea. Yuk kita simak keunikannya dan apa yang membedakan antara Phal. amabilis yang sudah banyak kita temui.

Keunikan Anggrek Phalaenopsis amabilis var. aurea

Nah, berikut ini adalah foto-foto anggrek Phalaenopsis amabilis var. aurea di kebun kami:

Perbedaan Phal. amabilis var. aurea Vs Phal. amabilis

Jika sudah berbunga tentu sangat mudah membedakannya yaitu dengan membedakan warna lidah / lip / labellum (modified petal). Phal. amabilis var. aurea lidahnya berwarna kuning muda bersih dan cerah. Sementara amabilis biasa lidahnya berwarna kuning tua.

Melihat lebih jeli lagi bunga Phal. amabilis var. aurea tidak memiliki bintik-bintik di bagian dalam lip / lidah / labellum (modified petal).

Nah, kalau belum bunga, apakah kita bisa membedakannya? Tentu saja. Menurut pengalaman kami (bisa saja berbeda di lingkungan lain atau asal tanaman dari daerah lain) perbedaan tersebut bisa dilihat dari akar yang masih muda.

Akar muda anggrek Phalaenopsis amabilis var. aurea:

  • Pucuk akar muda berwarna hijau bersih nampak seperti foto dibawah ini.

Akar muda anggrek Phalaenopsis amabilis:

  • Pucuk akar muda berwarna hijau kecoklatan

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.