Dendrobium

Mengenal Anggrek Dendrobium lineale

Anggrek Dendrobium lineale adalah salah satu spesies favorit para kolektor dalam negeri maupun luar negeri. Banyak sisi kencantikan yang bisa dikagumi dari spesies asal New Guinea yang sekarang persebarannya sudah banyak ditemukan di daerah Papua dan Sulawesi. Karakternya yang menggerombol dan berbatang tinggi menjadikannya sangat indah sebagai tanaman potting. Perawatan yang cukup mudah serta rajin berbunga adalah daya tarik lain dari anggrek ini.

Pada lingkungan aslinya, spesies lineale adalah anggrek epifit yang tumbuh pada pohon hidup. Persebarannya pada ketinggian hingga 800 dpl.

Karakter Anggrek Dendrobium lineale

Bunga lumayan besar dengan diameter 5 cm atau lebih dan agak tebal. Bentuk bunga maupun warna bervariasi dari yang memiliki petal pink, biru, kuning, putih maupun ungu. Bentuk petalnya ada yang keriting dan ada yang tidak. Tangkai bunga memanjang hingga 2 m dengan jumlah bunga puluhan hingga ratusan kuntum pada percabangan yang banyak. Pada tanaman dewasa, satu batang (bulb) dapat mengeluarkan hingga 4 tangkai bunga. Bulb bisa mengeluarkan tangkai bunga berkali-kali. Jika ditempatkan pada lingkungan full sun anggrek ini dapat berbunga sepanjang tahun.

Anggrek Dendrobium lineale

Daun berwarna hijau berbentuk lanceolate (oval tapi agak panjang). Bulb atau batang bawah ramping menggembung ditengah dan berujung ramping. Panjang batang dapat mencapai 2 m. Warna batang hijau kekuningan.

Perawatan Anggrek Dendrobium lineale

Perawatan sangat mudah, seperti halnya jenis spesies Dendrobium lainnya. Kuat ditempatkan pada paparan sinar matahari tanpa naungan sekalipun. Namun jika terkena paparan sinar langsung, batang tidak bisa tumbuh memanjang. Media penanaman bisa bervariasi seperti campuran pakis dengan potongan kayu dan lain sebagainya. Cukup indah jika ditanam secara bergerombol di dalam pot besar.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.