Dendrobium

Mengenal Anggrek Dendrobium anosmum (Lindley 1845)

Dendrobium anosmum memiliki beberapa varietas (var) dan sinonim yang diantaranya adalah Dendrobium var superbum, Dendrobium superbum var dearei, Dendrobium superbum var huttonii, dan Dendrobium anosmum var album. Terkadang kita masih bingung dalam membedakan antar varietas tersebut. Meskipun demikian hampir semua jenis Dendrobium anosmum yang disebutkan di atas memiliki kemiripan bentuk dan sifat kecuali var album yang keseluruhan bunganya berwarna putih. Sedangkan anosmum var superbum adalah salah satu jenis yang memiliki banyak penggemar di Indonesia karena bunganya lebih besar dan beraroma lebih kuat.

Penyebaran Anggrek Dendrobium anosmum Secara Umum

Dendrobium anosmum pada habitat aslinya berupa tanaman epifit di hutan-hutan yang memiliki iklim panas hingga sedang. Anggrek ini banyak ditemui di hampir semua kepulauan di Indonesia. Selain itu penyebarannya juga banyak ditemukan di daerah Malaysia, Filipina, vietnam, Laos, India dan Papua Nugini.

Karakteristik Tanaman

Pseudobulb atau batang berbentuk langsing dengan diameter sekitar 3 cm. Pertama kali pertumbuhannya ke atas, tapi lama-kelamaan akan menggantung hingga panjang 2 m. Dendrobium anosmum memiliki daun tipis berbentuk elips dengan diameter kurang lebih 10 x 3,7 cm pada tanaman dewasa. Pertumbuhannya menyebar dengan ruas kurang lebih 2,5 cm. Daun berwarna hijau muda dan mudah rontok atau gugur.

Anggrek ini terlihat hampir tidak memiliki tangkai bunga karena ukurannya yang sangat pendek. Tangkai bunga tersebut tumbuh merata pada buku-buku batang (bulb) yang sudah gundul. Pada setiap buku akan tumbuh bunga 3 hingga 4 kuntum.

anggrek dendrobium anosmum

Bunga memiliki diameter kecil hingga agak besar dengan ukuran sekitar 4,5-10 cm. Warna petal dan sepal bunga bervariasi mulai dari putih, ungu, lembayung, hingga ungu tua. Lip membentuk corong dengan warna lebih gelap di bagian dalam.

Karena ukuran batang (bulb) yang sangat panjang maka penanaman anggrek ini ideal jika digantung di ketinggian sekitar 3 m. Spesies dendro ini sangat rajin berbunga dan banyak menghasilkan keiki ketika tanaman sudah dewasa dan sehat.

Pembudidayaan/Perawatan Anggrek Dendrobium anosmum

Perbanyakan secara tradisional bisa dilakukan dengan teknik splitting atau memisah keiki yang sudah besar. Idealnya ditanam menggantung baik di media pot maupun media lainnya seperti pohon hidup, kayu yang hampir lapuk dan lain sebagainya.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.