Cattleya

Mengenal Anggrek Cattleya

Penamaan Cattleya diberikan pertama kali oleh John Lindley seorang botanis Inggris pada tahun 1824 untuk mengenang sahabatnya yang bernama Sir William Cattley yang pertama kali sukses membudidayakan jenis anggrek ini hingga berbunga. Sir William Cattley dikenal sebagai botanis Inggris yang gemar mengoleksi anggrek dari seluruh dunia. Hingga saat ini genus cattleya sudah memiliki lebih dari 53 species yang tersebar di seluruh dunia. Anggrek cattleya merupakan anggrek simpodial yang mudah berkembang biak.

Cirikhas utama anggrek cattleya memiliki bunga yang besar sehingga popular dengan nama The Queen of Orchid atau ratunya para anggrek. Bahkan dewasa ini banyak kalangan botanis yang mengembang-biakkan anggrek jenis cattleya menjadi komoditas bunga potong. Ukuran bunga cattleya bisa mencapai lebar 5cm sampai 15 cm. Sampai sekarang ini ada ribuan jenis cattleya baru atau hybrid yang dihasilkan oleh ahli botani di seluruh dunia.

Anggrek Cattleya
Cattleya Hybrid

Anggrek Cattleya mudah tumbuh dan berkembang di daerah beriklim panas, sedang hingga dingin. Mereka cocok ditanam di pot dengan berbagai media tanam seperti potongan kayu, potongan kulit kayu pinus, arang, pakis, atau campuran seimbang dari media yang disebutkan.

Anggrek Cattleya tidak membutuhkan perawatan yang rumit, hanya penyiraman dan pemupukan dilakukan secara rutin. Selain itu juga diperlukan sirkulasi udara yang baik untuk mencegah datangnya jamur dan bakteri. Dengan perawatan yang baik anggrek cattleya sangat rajin berbunga tanpa mengenal musim. Rata-rata bunga anggrek cattleya akan mekar dan bertahan hingga 1 bulan. Namun pada umumnya anggrek ini hanya mekar dan bertahan 2 minggu saja.

Cattleya memiliki nilai komersil yang sangat tinggi di pasaran baik lokal maupun internasional. Meskipun harga anggrek cattleya cenderung mahal, akan tetapi nilai yang dimilikinya jauh lebih mahal. Sehingga cattleya selalu menjadi prioritas utama bagi para hobis maupun kolektor. Sehingga dimanapun berada anggrek ini akan selalu diburu oleh para kolektor.

Cattleya hybrid

Anggrek Cattleya Di Pasaran

Untuk bisa memiliki anggrek cattleya sekarang sangat mudah. Banyak kalangan pembudidaya yang memperbanyak dan menyilangkan anggrek cattleya menjadi jenis dan varian baru yang sudah siap tanam. Pembeli bisa memilih anggrek ini mulai dari botolan sampai sudah berbunga sehingga mereka bisa menyesuaikan berdasarkan tingkat kepentingan maupun harga. Para pemula disarankan untuk memilih tanaman yang sudah remaja hingga dewasa karena sudah tidak lagi memerlukan perawatan khusus. Jika anda ingin lebih menikmati proses pertumbuhan dari masih di dalam botol hingga dewasa maka tidak ada salahnya membeli benih anggrek dalam botol.

Lingkungan dan Syarat Tumbuh Anggrek Cattleya

Cattleya Ungu Species

Cattleya tidak memerlukan lingkungan yang khusus untuk bisa tumbuh subur dan berbunga. Media tananamnya pun juga tidak terlalu rumit seperti yang sudah dijelaskan di atas. Anggrek Cattleya bisa di tanam di pot maupun ditempelkan pada pohon ataupun tembok batu-bata karena pada dasarnya Cattleya adalah tanaman epifit. Cattleya tidak membutuhkan porsi sinar matahari penuh dan cukup toleran dengan keteduhan. Prosentase pencahayaan yang dibutuhkan hanya berkisar 20 sampai 30 persen saja. Idealnya anggrek ini masih sangat toleran terkena sinar matahari secara langsung hingga jam 9 pagi. Akan tetapi pada perlakuan yang berbeda (matahari penuh) cattleya juga mampu beradaptasi dengan syarat dilakukan secara bertahap. Namun jika dipanaskan secara full-day penampilannya tidak bisa maksimal khususnya penampilah dari warna daun dan warna batang.

Foto Cattleya Skinneri

Anggrek Cattleya Ungu

Foto Cattleya Hybrid

1 Comment
  1. Reply
    Kultur Jaringan – Kultur Jaringan April 16, 2019 at 10:31 am

    […] adalah kultur embrio somatik anggrek cattleya yang berasal dari Plb (protocormlikebody) biji anggrek cattleya. Jenis langka lagi, wah harganya pasti lumayan tinggi.  Buah anggrek disebab di media […]

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.