Bulbophyllum

Mengenal Anggrek Bulbophyllum

Bercerita mengenai anggrek Bulbophyllum (Bulbophyllum Orchids) memang tidak ada habisnya. Anggrek yang memiliki singkatan Bulb. ini memiliki karakter yang unik mulai dari bentuk pseudobulbnya,hingga varian bunga. Dari segi tampilan bulbophyllum sangat beragam; ada yang memiliki akar panjat dan hidup sebagai epifit (menempel pada pohon) maupun litofit (tanaman yang hidup di batu).

Ciri-Ciri Umum Anatomi Tanaman

Pseudobulb

Bulnophyllum ada yang memiliki bulb berbentuk batang dengan karakter tanaman yang tinggi ada pula yang memiliki bulb berbentuk kerucut dan bersudut. Namun yang paling lazim kita temui sehari-hari adalah tanaman yang memiliki bulb bentuk kerucut mirip dengan umbi bawang.

Tangkai Bunga

Tangkai bunga anggek Bulbophyllum muncul dari dasar bulb. Tampilannya berbeda-beda ada yang melengkung, tegak lurus, hingga menggantung. Dalam satu gerombol plant bisa muncul beberapa tangkai bunga. Untuk jenis seperti Bulbophyllum lobbii yang sudah memiliki gerombol besar dapat muncul tangkai bunga dengan serentak.

Daun

Penampilan daun sangat beragam mulai dari yang memiliki helai tipis, tebal seperti sukulen, panjang, dan kecil. Jenis tertentu dari anggrek ini bahkan ada yang tidak memiliki daun dan menggunakan bulbnya sebagai organ fotosintesis.

Bulbophyllum memiliki karakter daun tunggal. Bagi pemula yang memiliki anggrek ini seringkali khawatir ketika daun tanaman tua rontok. Kondisi ini sangat lazim terhadap tanaman anggrek jenis apapun karena memiliki pertumbuhan terbatas dengan titik maksimal yang ditandai oleh daun yang rontok. Namun demikian, meskipun batang tanaman sudah tidak memiliki daun lagi, pada hakikatnya batang tersebut masih memiliki peran yang penting terhadap pertumbungan plant (segerombol tanaman) sebagai penyimpan cadangan makanan.

Bunga

Bunga anggrek Bulbophyllum memiliki bentuk dan warna yang berbeda-beda sesuai dengan spesiesnya. Dari segi banyaknya kuntum ada yang berbunga tunggal, beberapa kuntum dan banyak kuntum mementuk tandan. Bentuknya juga bermacam-macam ada yang terjalin seperti spiral, berderet selang-seling dan ada yang berjajar melingkar di pucuk tangkai bunga.

anggrek bulbophyllum

Bulbophyllum sumatranum

Salah satu keunikan Bulbophyllum mempunyai bunga dengan lidah bergoyang: lidah bunga yang terus bergoyang ketika terkena hembusan angin atau terkena gerakan. Ciri ini sangat kelihatan pada Bulbophyllum lobbii karena spesies tersebut memiliki bunga dengan lidah yang cukup besar. Pada Bulbophyllum echinolabium, lidah bergoyang juga kentara jelas.

Sebagian bunga anggrek Bulbophyllum terkenal dengan aroma yang khas, yaitu seperti bau bangkai busuk contohnya adalah bulbophyllum phalaenopsis. Maka dari itu jangan heran kalau bunga Bulbophyllum sering dikerumuni lalat. Lalat disini memiliki peran yang penting untuk proses penyerbukan. Bunga Bulbophyllum rata-rata mekar selama satu hingga dua minggu.

Syarat Tumbuh Anggrek Bulbophyllum

Anggrek Bulbophyllum rata-rata membutuhkan kelembapan tinggi. Penanaman disarankan pada tempat yang memilik naungan. Media tanaman yang disarankan yang mampu memberikan sirkulasi udara dengan tingkat penyimpanan air rendah tetapi bisa menyimpan kelembapan seperti potongan pakis dan potongan kayu agak lapuk. Penggantian media tanam perlu dilakukan ketika menggunakan media potongan kayu, karena kayu yang lapuk akan terlalu banyak menyimpan air. Dan endapan air di bawah bisa menimbulkan busuk akar.

Fakta Unik Bulbophyllum
Karena kelangkaan untuk beberapa spesies Bulbophyllum, anggrek ini sering dijual dengan ukuran harga per-bulb. Rentang harga per-bulb di pasaran variatif sesuai dengan kelangkaanya.

Gallery Anggrek Bulbophyllum

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.