Phalaenopsis

Mengenal Anggrek Bulan (Phalaenopsis)

Popularitas anggrek bulan di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Bahkan orang awam tentang anggrek sekalipun minimal pernah mendengar nama itu. Dinamai anggrek bulan cukup masuk akal karena karakter bunganya yang besar kebulatan dan merekah seperti rembulan. Secara ilmiah anggrek bulan memiliki nama Phalaenopsis yang tergolong dalam Tribe Vandaeae dan Subtribe Aeridinae. Dalam bahasa Yunani phalaina berarti ngengat dan opsis berarti menyerupai. Jika digabungkan menjadi Phalaenopsis yang bermakna “yang menyerupai ngengat yang sedang terbang”.

Indonesia memiliki salah satu spesies anggrek bulan dengan nama Phalaenopsis amabilis yang sampai sekarang masih mendominasi hutan-hutan tropis di seluruh wilayah Indonesia. Phal. amabilis memiliki bunga putih dan cukup besar. Selain itu Phal. amabilis juga sangat mudah dikenali dengan ciri utama daun yang panjang. Satu kelebihan Phal. amabilis adalah karakternya yang sangat mudah beradaptasi hampir di semua kondisi lingkungan.

Phalaenopsis schilleriana

Anggrek bulan (Phalaenopsis schilleriana) memiliki cirikhas daun totol

Karena peminatnya yang sangat luar biasa tidak heran kalau jenis-jenis anggrek bulan baru (hybrid) selalu bermunculan di pasaran. Sebut saja Kota Bandung dan Kota Malang, banyak penyilang yang telah menemukan berbagai jenis anggrek bulan dengan varian bunga yang beraneka ragam.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai anggrek bulan yang terkenal itu, maka tidak ada salahnya anda juga mengetahui ciri-ciri umum serta teknik pembudidayaanya.

Ciri-Ciri Umum Anggrek Bulan (Phalaenopsis)

Phalaenopsis tidak memiliki pseudobulb (bagian batang yang menggembung) serta tumbuh secara monopodial dengan struktur daun yang menutupi seluruh batang secara vertical. Daun anggrek bulan secara umum memilik warna hijau polos. Tetapi ada juga jenis yang memiliki warna daun semu merah, keperakan dan berbintik. Contoh yang memiliki daun berbintik adalah jenis Phalaenopsis schilleriana yang banyak ditemui di dataran rendah daerah Jawa Barat. Keunikan Pha. schilleriana juga terdapat pada bunganya yang berbau harum.

Tangkai bunga anggrek bulan umumnya berbentuk tegak lurus ada yang bercabang dan ada yang tidak bercabang. Dalam satu cabang tangkai bunga ada yang memiliki beberapa kuntum, ada yang memiliki banyak kuntum.

Tips: Anggrek bulan memiliki nilai lebih jika dalam satu rumpun tanaman bisa memunculkan dua atau lebih tangkai bunga secara bersamaan atau serentak. Biasanya anggrek seperti ini dijual dengan harga lebih mahal. Anggrek bulan dikenal sebagai spesies anggrek yang berbunga sepanjang tahun (terutama jika ditanam pada pohon hidup). Tangkai bunga yang masih segar dapat menghasilkan bunga baru dari pucukya atau membentuk cabang baru. Oleh karena itu penting untuk diperhatikan ketika masih ada tangkai yang masih segar jangan sampai dipotong atau dibuang.

Pembudidayaan Anggrek Bulan

Kebanyakan anggrek bulan membutuhkan keteduhan hingga 50% dan kelembapan tinggi jika ditanam pada wadah atau pot. Ini berbeda jika ditanam pohon hidup, anggrek bulan bisa tetap tumbuh subur meskipun kurang kelembapan. Begitu juga ketika ditanam di pohon hidup anggrek bulan tidak membutuhkan perawatan yang special.

Jika di tanam dalam wadah atau pot media yang disarankan berupa pot tanah, semen atau apa saja yang mempu menyimpan kelembapan. Media tanamnya yang terpenting mampu menyimpan kelembapan dan berongga seperti pakis, arang, pecahan genteng, potongan kayu atau kombinasi dari semuanya.

Untuk memperbanyak anggrek bulan bisa dengan menanti munculnya tunas baru. Tunas baru muncul dari pangkal batang.

Tips: Jika ditanam di pohon anggrek bulan kemungkinan besar akan berbuah. Ketika buah sudah matang dan mulai pecah, buah bisa dipetik dan diletakkan di sekitar akar indukannya agar sporanya bisa menyebar di pohon tersebut. Inilah yang dinamakan cara pengembang-biakan secara alami. Pada akhirnya spora yang menyebar tersebut akan tumbuh menjadi anakan-anakan kecil dan akan membesar secara alami tanpa harus dipindah terlebih dahulu.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.