Dendrobium

Dendrobium tangerinum: Keunikan dan Keindahannya

Dendrobium tangerinum merupakan salah satu anggrek spesies yang pamornnya tak lekang oleh zaman. Tak puas rasanya bagi seorang pecinta anggrek jika belum mengoleksinya. Nah bagi anda yang masih penasaran terkait dengan keunikan serta keindahan anggrek Dendrobium tangerinum, kami akan mencoba sedikit mengulasnya dalam artikel ini berdasarkan pengalaman yang pernah kami dapatkan dalam merawat anggrek tersebut.

Nyala Warna Bunga

Anggrek ini masuk dalam section spatulata dengan cirikhas bunga melintir. Siapa sih yang gak kepincut dengan bunga keriwil jika sedang mekar sempurna?

Meskipun ukuran bunga Dendrobium tangerinum tergolong kecil, tapi memiliki gradasi warna menyala.

Sangat rajin berbunga sepanjang tahun di wilayah panas.

Secara fisik tangkai bunga memanjang hingga 45 m yang tumbuh dari buku-buku pucuk. Diameter bunga antara 4 sampai 5 cm. Dalam satu tangkai bisa tumbuh bunga hingga 20 kuntum. Cukup ramai!

Lebih menarik lagi, umur mekar bunga lumayan lama. Untuk meningkatkan lama mekar bunga bisa dilakukan dengan perawatan intensif dan memberinya asupan nutrisi lengkap.

Tak Butuh Batang/Rumpun Gede untuk Siap Bunga

Tak mustahil jika anggrek ini memiliki rumpun dengan tinggi batang hingga 70-an cm. Butuh berapa lama? Pastinya lebih dari 2 tahun ya.

Meski demikian anda tidak perlu putus asa, karena meski rumpun batang masih 20-cm an, anggrek ini sudah mau berbunga kok. Lihat sub-poin di bawah bagaimana pengalaman kami dalam mendapatkan bunga perdana.

Karakter Tumbuh Dendrobium tangerinum

Langsung saja berikut adalah pengalaman kami dalam memelihara Dendrobium tangerinum dari pecah botol. Ini berlaku di wilayah kami pada daerah perbukitan (300 m dpl) dengan suhu rata-rata 25 – 30 derajat celcius pada siang hari dan 22 – 23 derajat celcius pada malam hari.

Dengan kondisi tersebut, menurut kami anggrek ini memiliki karakter tumbuh yang cukup lambat. Dari pecah botol hingga berbunga diperlukan waktu kurang lebih 2 tahun dengan perawatan intensif. Jadi untuk menikmati keindahan bunganya diperlukan penantian yang lumayan panjang.

Tak heran harga anggrek ini cukup stabil dan lumayan mahal untuk seukuran tanaman dewasa.

Perlu diingat juga bahwa tingkat keberhasilan dalam penangkaran anggrek ini dari botol tidak sampai 70%. Ini karena bibit botolan anggrek ini cukup kecil sehingga aklimatisasinya perlu ketelitian lebih.

Tips Potting, Repotting dan Perawatan Bagi Pemula

Ada 2 cara umum dalam menanam Dendrobium tangerinum, yaitu menanam dalam pot dan tempel seperti anggrek pada umumnya. Namun yang paling penting untuk diperhatikan adalah kombinasi media tanam yang digunakan.

Pot yang paling bagus untuk anggrek ini adalah pot tanah liat dengan kombinasi media tanam yang tidak terlalu menyimpan air. Jika media terlalu lembab maka daun bisa dipastikan akan rontok.

 

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.