Dendrobium

Dendrobium archipelagense

Selamat datang sobat pecinta Dendrobium spesies. Kali ini kami akan mencoba mengungkapkan kekaguman terhadap Dendrobium archipelagense melalui tulisan singkat. Bagi anda yang belum kenal dengan spesies unik yang satu ini, kita bisa saling belajar tentang bagaimana cara merawatnya, syarat tumbuh, dan memilih tanaman yang tepat untuk dikoleksi. Pertama, yuk kita gali keunikannya.

Keunikan Dendrobium archipelagense

Den. archipelagense tergolong dalam section spatulata dengan ciri-khas bunga sedikit melintir. Warnanya hijau pucat hingga hijau cerah seperti yang kami miliki di bawah ini.


Ukuran bunga medium lebih besar dan tanduk lebih panjang dari pada Dendrobium antennatum. Anggrek ini tergolong rajin berbunga dan mudah di rawat. Lips bergurat warna ungu tipis. Dalam satu bulb bisa memunculkan lebih dari satu tangkai bunga. Jika tanaman benar-benar sehat, maka bunga yang keluar juga bisa sangat ramai.

Keunikan lainnya, Dendrobium archipelagence memiliki batang pendek dengan pangkal bulb membengkak. Jadi anda tidak perlu menunggu batang hingga tinggi untuk menikmati bunganya. Daunnya agak tebal berwarna hijau pekat hingga hijau kekuningan (tergantung perolehan paparan sinar matahari). Anggrek ini sangat suka panas sehingga sangat cocok dijadikan sebagai koleksi outdoor. 


Anda bisa melihat foto di atas, anggrek tersebut memiliki tinggi bulb tidak lebih dari 45 cm dan sudah berbunga. Mulai dari usia seedling hingga berbunga membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 tahun. Dengan begitu Den. archipelagence termasuk anggrek yang cepat berbunga.

Perawatan Dendrobium archipelagense

Pada dasarnya Den. archipelagense sangat suka sinar matahari. Semakin banyak intensitas matahari yang diterima akan mempercepat pertumbuhannya. Soal penanaman anggrek ini mudah ditanam baik model gantung, tempel ataupun ditanam di pot. Jika ditanam di pot sebaiknya menggunakan media yang sangat porous dan tidak menyimpan kelembapan terlalu lama. Contohnya adalah pakis cacah kasar, arang, kulit kayu pinus, atau cocochips. Media tersebut bisa dicampur dengan stereofoam ataupun pecahan genteng jika lingkungan dirasa terlalu lembab. 

Pemupukan dilakukan 1 minggu sekali di musim penghujan dan bisa lebih intensif di musim kemarau (2 x seminggu) untuk memacu pertumbuhan tanaman usia seedling hingga remaja. Pemupukan intensif pada tanaman dewasa bisa segera memacu munculnya bunga.

Demikian apa yang dapat kami sampaikan tentang Den. archipelagense, semoga bermanfaat.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.