Dendrobium

Anggrek Dendrobium nindii Si Spesies dengan Segala Pesonanya

Anggrek Dendrobium nindii merupakan salah satu spesies papan atas endemik pulau Indonesia paling timur – Papua. Distribusinya juga ditemui di negara tetangga, Papua Nugini. Sebagai salah satu spesies Dendrobium yang memiliki pesona khas, anggrek ini tak hanya tersohor di negeri sendiri melainkan juga mancanegara. Dengan demikian tak heran jika Dendrobium nindii sudah banyak menurunkan puluhan grex (hibrida baru) yang telah disilangkan dengan macam-macam hibrida lain maupun spesies dari berbagai negara. Contohnya adalah Dendrobium tossons (silangan Dendrobium nindii x Dendrobium helix), Dendrobium Carl Ludwig Bundt (silangan antara Dendrobium nindii x Dendrobium lasianthera) dan Dendrobium pink lips (silangan antara Dendrobium nindii x Dendrobium taurinum). Dari tiga contoh itu saja kita bisa melihat meskipun sudah disilangkan tapi karakter nindii masih saja nempel di hibrida barunya. Ini membuktikan bahwa pesona Dendrobium nindii memang sangat kuat.

Dalam artikel ini kami akan mencoba mengulas keunikan dan karakteristik Dendrobium nindii agar anda juga bisa menikmati betapa tidak-membosankannya anggrek satu ini. 

Karakter Tumbuhnya Ndak Bikin Was-Was Buat Pemula

Sekalian kami ulas mengenai karakter tumbuh Dendrobium nindii bagi anda yang ingin memasukkan ke list koleksi baru. Mengingat harga Dendrobium nindii masih tergolong selangit, kami rasa ini perlu dibahas sebagai referensi bagi para calon kolektor. 

Dendrobium nindii merupakan anggrek epifit yang tidak rewel. Habitat aslinya adalah tempat panas dan biasa tumbuh di hutan-hutan bakau tepi pantai. Artinya jika anda ingin merawat di daerah dengan suhu panas, maka tak perlu khawatir. Melihat tempat tumbuh aslinya, anggrek ini juga dapat dipastikan tahan kering. Intensitas cahaya yang dibutuhkan sangat tinggi, sekitar 60%. Meski demikian, di dataran tinggi-pun masih bisa tumbuh subur dan rajin berbunga asalkan dia masih kena paparan sinar matahari. 

Pertumbuhan anggrek Dendrobium nindii tergolong lambat karena dia berbatang tinggi. Idealnya dia akan berbunga setelah masuk masa dewasa (3-4 tahun) dengan perawatan tepat. Jika anda berencana ingin mengoleksi sedari usia seedling, pastikan anda memiliki ketelatenan dan kesabaran untuk menikmati kembang tumbuhnya. Ada kesan tersendiri jika anda memelihara dari kecil dan itu dapat dipastikan.

Seperti Apa Sih Bunganya?

Berikut adalah bunga anggrek Dendrobium nindii koleksi yang kami miliki:

anggrek Dendrobium nindii bagus

 

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.