Cattleya

Anggrek Cattleya Skinneri Si Cantik Mekar Lebih Lama

Hobis anggrek cattleya paling suka kalau bisa berlama-lama menikmati keindahan bunganya. Cattleya dikenal dengan ratunya anggrek dengan cirikhas bunga lebar terdiri dari ribuan spesies dengan karakter dan warna yang berbeda-beda. Keistimewaan jenis spesies skinneri memiliki waktu mekar bunga lebih lama bahkah bisa bertahan hingga 1 bulan. Merupakan suatu keindahan tersendiri untuk menikmati waktu-waktu mekar tersebut , karena pada umumnya cattleya hanya mampu mekar hingga 2 minggu saja. Jika anda ingin lebih lama menikmati indahnya bunga anggrek Cattleya, maka spesies skinneri adalah koleksi yang wajib dimiliki.

Meskipun jenis spesies, anggrek ini tidak kalah menarik dengan jenis-jenis Cattleya hybrid yang pamor dengan nuansa glamor. Skinneri memiliki diameter bunga rata-rata 9 centimeter dengan warna dominan warna ungu. Bahkan jika mendapatkan paparan sinar matahari banyak warna bunga bisa menjadi ungu tua.

Spesies ini dikenal sebagai bunga nasional Kosta Rika merujuk pada seorang kolektor anggrek berkebangsaan Inggris sekitar tahun 1800-an yang bernama Skinner.

Tips Cattleya skinneri mekar lebih lama

Untuk mendapatkan bunga mekar lebih awet, ada tips khusus untuk Cattleya skinneri yaitu dengan menempatkan pada media yang tidak terlalu basah. Media pot dapat memakai pakis ataupun yang lainnya yang penting tidak menahan kelembapan terlalu lama.

Anggrek Cattleya Skinneri 2

Anggrek Cattleya Skinneri

Ciri-ciri Anggrek Cattleya skinneri

Daun dua lembar tumbuh di pucuk pseudobulb. Pseudobulb berpostur tinggi, langsing dan berwarna hijau. Warna bunga dominan ungu dengan lidah bagian dalam berwarna putih.

Budidaya Cattleya skinneri

Pada habitat aslinya banyak literatur yang menyatakan bahwa Cattleya skinneri ditemukan sebagai epifit, litofit maupun terestrial. Namun demikian di Indonesia jarang orang menanam spesies ini secara terestrial. Media yang digunakan pada umumnya adalah pakis, kayu, dan arang. Sebagian orang juga memilih langsung menanam pada pohon hidup (epifit. Jika ditanam pada pohon hidup maka perkembangannya jauh lebih bagus.

Cattleya skinneri sangat mudah beradaptasi di hampir semua iklim di Indonesia dari dataran rendah sampai dataran tinggi (+1500 dpl). Oleh karena itu pembeli tidak perlu khawatir dan tidak perlu menyiapkan ruang adaptasi khusus.

Perawatan Anggrek Cattleya skinneri

Hampir tidak diperlukan perawatan khusus untuk bisa menikmati bunga anggrek Cattleya skinneri. Pemupukan dan penyiraman bisa dilakukan sebagai mana treatment pada anggrek secara umum.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.